MAN Kotawaringin Timur

MADRASAH ALIYAH NEGERI

Kotawaringin Timur

Plus Keterampilan

KABAR MADRASAH

Siswa MAN Kotim Wakili Indonesia di Ajang Internasional Conference for Young Social Scientist di Serbia

Dokumentasi

Prestasi membanggakan diraih 2 orang siswa siswi Madrasah Aliyah Negeri  Kotawaringin Timur (MAN Kotim), karena akan mewakili Indonesia di ajang Internasional Conference for Young Social Scientist (ICYSS) di Serbia. 

“Alhamdulillah 2 orang siswa kami meraih hasil positif pada Lomba Peneliti Belia Tingkat Nasional, sehingga mewakili Indonesia ke tingkat dunia ICYSS,” ujar guru pembimbing Elja D Ningsih, Selasa 17 Mei 2022. 

Ke 2 siswa tersebut yakni Zahra Sabila, kelas X IPA 3 dan Muhammad Raihan Fahmaylunar, kelas X IPA 2. Mereka berhak mewakili Indonesia di ajang ICYSS yang dilangsungkan secara online dari Serbia pada 19-23 Mei 2022. 

Prestasi ini diraih mereka setelah sebelumnya karya ilmiah mereka berjudul “The Linkage of Rainfall Rate and the Rise of Covid-19 Cases in East Kotawaringin Regency berhasil meraih juara I Lomba Peneliti Belia tingkat Provinsi Kalimantan Tengah sehingga berhak mewakili Kalimantan Tengah ke tingkat nasional. Sedangkan di tingkat nasional Zahra dan Raihan berhasil meraih juara II. Hasil tersebut membawa mereka untuk mengikuti seleksi bersama pemenang juara 1 dan 3. “Alhamdulillah kami yang terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang Internasional,” kata Elja. 

Adapun isi dari penelitian mereka adalah mengenai Keterkaitan curah hujan terhadap peningkatan kasus Covid-19 di Kotim. Dari hasil penelitian didapat data ternyata di musim penghujan kasus Covid-19 tidak mengalami peningkatan, namun sebaliknya cendrung menurun.

“Hasil penelitian tersebutlah yang membawa prestasi bagi siswa kami, hingga mewakili Indonesia ke ajang internasional,” lanjut Elja.

Sementara Kepala MAN Kotim, Muhammad Rusidi sangat bangga dengan prestasi tersebut. Dirinya sangat berterimakasih kepada para siswa dan juga guru pembimbing yakni Elja dan Alivermana Wiguna, yang telah bekerja keras untuk meraih hasil tersebut.

“Apa yang diraih ini adalah prestasi yang sangat membanggakan. Karena bukan hanya nama baik Kalimantan Tengah yang dibawa, namun juga negara kita tercinta Indonesia”

Rusidi juga berharap agar prestasi tersebut bisa memberikan motivasi bagi siswa, yang lain agar terus belajar dan berinovasi demi meraih pengetahuan serta prestasi. (HM)