Kesuksesan di bidang seni tari menghampiri grup tari pesisir dari MAN Kotawaringin Timur Plus Keterampilan. Dalam Festival Habaring Hurung yang digelar pada 23-24 April 2024 di Taman Kota Sampit, sekolah setingkat SMA yang beralamat di jalan HM. Arsyad ini berhasil meraih juara satu tari pesisir. Dengan begitu grup tari MAN Kotim berhak atas piala, piagam, uang pembinaan, dan berhak mewakili Kabupaten Kotawaringin Timur di Festival Isen Mulang, di Palangkaraya pada 16-23 Mei mendatang.

“Alhamdulillah, bisa menjadi juara satu” syukur Kiki Arieska dan Annisa Dwi Puspita, guru pembimbing. “Ini menjadi luar biasa dan patut disyukuri karena harus bersaing dengan sekolah sekolah dan bahkan sanggar sanggar yang telah punya nama di Kotim” ujar mereka.

“Kami memberi judul Parei Gemilah yang artinya “Padi yang Bercahaya” untuk tarian pesisir ini” jelas Jainuddin, selaku kepala MAN Kotim. “Dalam garapan ini, koreografer ingin menggambarkan kegembiraan dan rasa syukur masyarakat ketika melihat padi sudah menguning. Kegembiraan dan rasa syukur digambarkan melalui prosesi syukuran atau beselamatan” pungkasnya.

Selain Berjaya di seni tari pesisir, siswi MAN Kotim yang lain, atas nama Zayyinatul Ulaa juga terpilih menjadi wakil V putri pariwisata dalam Pemilihan Putra Putri Pariwisata Festival Habaring Hurung 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *