Guru Mapel Akidak akhlak dan ilmu hadis MAN Kotim, Ahmad Riyadh Maulidi.

Ahmad Riyadh Maulidi, guru akidah akhlak dan ilmu hadis pada Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Timur (MAN Kotim) membahas tentang praktik remedial pembelajaran dalam suatu penelitiannya yang berjudul “Navigating Remedial Dhikr and Surah Memorization : A Quest for Improvement or Procedural Challenges?”.

Penelitian ini telah terbit di Jurnal Nasional Pendidikan Agama Islam (Journal of Isamic Education Studies) yang diterbitkan oleh UIN Sunan Ampel Surabaya. Jurnal nasional ini sudah terakreditasi Sinta 2.

Dalam penelitian ini Ahmad Riyadh mengungkapkan adanya fenomena pelaksanaan  remedial yang berbeda  dari praktik remedial  umumnya. Dalam  konteks  ini, remedial  melibatkan tugas  membaca  dhikr (zikir) dan menghafal surah-surah pendek  selama proses  pembelajaran.

Hasil penelitian ini pada akhirnya mengungkapkan sejumlah temuan, yaitu pelaksanaan remedial tidak  mencerminkan  instrumen yang tepat  untuk meningkatkan  kualitas pembelajaran  peserta didik. Peserta  didik hanya diberikan tugas tambahan berupa menghafal tanpa mendapatkan  bimbingan terkait indikator pembelajaran yang sebelumnya belum terselesaikan. Selain itu pelaksanaan remedial ini  muncul karena guru menganggap  alokasi  waktu terbatas, sehingga mereka mengambil inisiatif untuk  melaksanakan remedial  yang dapat selesai  dalam waktu  singkat.

Implikasi dari penelitian ini adalah  memberikan  rekomendasi bagi madrasah terkait  untuk  memperbaiki program yang dijalankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *