Gambar guru mapel fikih dan ushul fikih MAN Kotim, Eko Suwandi, S. Ag.

Belajar adalah suatu kewajiban bagi setiap peserta didik atau siswa demi meraih masa depan yang cerah. Akan tetapi bagaimana jadinya bila di tengah-tengah kegiatan pembelajaran timbul perasaan jenuh. Tentunya perasaan jenuh ini bisa menjadi penghambat untuk meraih hasil pembelajaran yang maksimal.

Eko Suwandi, salah satu guru dari MAN Kotawaringin Timur Plus Keterampilan mencoba mengangkat permasalahan ini untuk diteliti. Penelitian Eko yang berjudul “Analisis Kejenuhan Belajar Siswa dan Faktor Penyebabnya (Studi pada Kelas XII MIPA MAN Kotawaringin Timur Tahun Pelajaran 2023/2024)” sudah termuat di Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Guru Nasional “Edumedia”, Volume 04 Nomor 1 Januari 2024 yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Diharapkan dari hasil penelitian ini dapat ditemukan faktor penyebab kejenuhan dan bagaimana cara mengatasinya. Sebab dikhawatirkan bila kejenuhan terus berlanjut nantinya akan menurunkan hasil dan pencapaian siswa pada pembelajaran tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *