MAN Kotawaringin Timur

MADRASAH ALIYAH NEGERI

Kotawaringin Timur

Plus Keterampilan

KABAR MADRASAH

Tingkatkan Kecintaan Kepada Bahasa Persatuan, MAN Kotim Adakan MASTRA

Dokumentasi

Dalam upaya untuk membangkitkan kecintaan terhadap bangsa negara dan bahasa Indonesia, MAN Kotawaringin Timur Plus Keterampilan mengadakan kegiatan bulan bahasa dan sastra dengan  tema “Membangun Bangsa, Mencintai Bahasa, Melestarikan Budaya”. Nama kegiatan bulan bahasa dan sastra ini, yaitu MASTRA (Gema Festival Bahasa dan Sastra) yang dilaksanakan pada tanggal 25 s.d 27 Oktober 2023 yang dipusatkan di MAN Kotawaringin Timur dan City Maal.

Pembukaan kegiatan MASTRA sendiri dilaksanakan pada hari Rabu, 25 Oktober 2023 di Halaman MAN Kotim. Turut hadir dalam pembukaan tersebut Kepala Kemenag Kabupaten Kotim yang juga membuka secara langsung kegiatan tersebut, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, serta seluruh peserta dari SMA/MA/SMK se-kabupaten Kotawaringin Timur.

Dalam sambutannya, Mukrandi selaku mewakili kepala madrasah yang sedang dinas luar mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas seluruh siswa. “Banyak manfaat dan nilai yang kita dapatkan dalam kegiatan kita nantinya. Misalnya meningkatkan ukhuwah dan semangat persatuan antara kita. InsyaAllah kita akan bangga memiliki bahasa persatuan. Selain juga dapat meningkatkan semangat dalam belajar. Mudah-mudahan kita dapat mewujudkan kepribadian yang luhur, berwibawa, serta lebih mencintai bahasa persatuan kita”harapnya.

Oleh sebab itu, kegiatan MASTRA 2023 memiliki berbagai cabang lomba baik di lomba eksternal maupun internal. Lomba eksternal meliputi lomba musikalisasi puisi, pidato bahasa Inggris, esai, esai foto, kaligrafi, dan baca puisi. Adapun lomba internal meliputi lomba karikatur, debat bahasa Indonesia, story telling, pidato bahasa Arab, dan slogan. Pelaksanaan lomba pidato bahasa Inggris, baca puisi dan musikalisasi puisi dilaksanakan di Borneo City Mall. Sedangkan, lomba lainnya dilaksanakan di MAN Kotawaringin Timur Plus Keterampilan.

Kegiatan MASTRA 2023 juga diramaikan dengan adanya bazar yang dibuka untuk umum. Ada yang menarik di bazar MAN Kotawaringin Timur Plus Keterampilan ini, yaitu transaksi jual beli terhadap penjual tidak menggunakan uang tunai tetapi menggunakan kupon yang bernilai Rp5.000 dan Rp10.000. Terdapat 10 stand bazar yang mayoritas kuliner atau jajanan anak sekolah baik makanan maupun minuman. Stand bazar diisi oleh perwakilan kelas 10, 11 dan 12.

Melalui pemahaman yang lebih dalam tentang tema ini, kita dapat merayakan Bulan Bahasa dan Sastra dengan lebih bermakna. Disamping itu, siswa-siswi MAN Kotawaringin Timur Plus Keterampilan diharapkan mendapatkan pengalaman dan melakukan kegiatan yang positif. Banyak sekali cara mendapatkan pengalaman yang terbaik yaitu dengan mengikuti lomba ataupun mengikuti bazar yang dapat menimbulkan jiwa kewirausahaan sejak dini. Mari bersama-sama menyambut bulan bahasa dan sastra dengan meningkatkan literasi untuk membangun bangsa, mencintai bahasa, dan melestarikan budaya Indonesia tercinta.

Alamat:

Jl. HM. Arsyad No. 68 Kode Pos 74322
Mentawa Baru Hulu, Mentawa Baru Ketapang, Kab. Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Indonesia.

© Copyright MAN Kotawaringin Timur