MAN Kotawaringin Timur

MADRASAH ALIYAH NEGERI

Kotawaringin Timur

Plus Keterampilan

KABAR MADRASAH

MAN Kotim Tuan Rumah Pembukaan KSM 2023

Dokumentasi

Untuk menyambut pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur yang akan berlangsung pada 8-10 Juli 2023, Kementerian Agama Kabupaten Kotawaringin Timur mengadakan acara pembukaan yang berlangsung meriah pada Jumat, 7 Juli 2023 pukul 14.00 WIB dimana yang menjadi tuan rumah adalah MAN Kotim. Hadir di acara tersebut kepala Kemenag Kotim, semua kepala seksi Kemenag Kotim, pengawas, semua kepala madrasah, semua peserta KSM serta guru pembimbing. Adapun pelaksanaan KSM sendiri untuk jenjang Madrasah Aliyah (MA) bertempat di MAN Kotim pada 8 Juli 2023, jenjang MTs di MTsN 1 Kotim pada 9 Juli 2023 dan Jenjang MI di MIN 1 Kotim pada 10 Juli 2023.

Khairil Anwar selaku kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotim memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kompetisi tahunan ini. Dilanjutkan dengan penyematan atribut kepada perwakilan siswa masing-masing jenjang yang juga dilakukan oleh Khairil Anwar.

Sementara itu dalam laporannya, ketua panitia pelaksana KSM Kabupaten Kotim 2023 yang juga kepala seksi pendidikan madrasah, Noor Syaifullah menyampaikan bahwa kegiatan ini sempat tertunda karena bentrok dengan Idul Adha. Syaifullah berharap dengan tertundanya KSM ini dapat memeberikan waktu yang cukup untuk mematangkan persiapan kegiatan kompetisi tahunan ini.

Selain acara pembukaan, pihak MAN Kotim selaku tuan rumah juga mengadakan pameran produk keterampilan dari peserta didik MAN Kotim jurusan keterampilan. Produk-produk tersebut antara lain sumping, lawung, baju adat Dayak, Sangkirai, baju batik fashion draping, dan sebagainya yang merupakan produk dari jurusan tata busana.

Adapun untuk stand jurusan tata boga menampilkan produk olahan pangan lokal seperti stik kalakai, kripik singkong, amplang ikan jelawat, dan pangsit kekinian.

Sedangkan dari jurusan keterampilan multimedia menampilkan poster-poster yang dibuat dari hasil foto lingkungan MAN Kotim saat kegiatan berlangsung. Ada juga poster karikatur serta smart TV yang menayangkan kegiatan pembukaan secara live. Sekedar diketahui bahwa Stand MAN Kotim menjadi meraih prestasi juara 1 Terunik se-Indonesia di ekspo madrasah keterampilan di Palembang beberapa waktu yang lalu.

Selain acara inti di atas, pembukaan juga memberikan acara hiburan seperti penampilan vokal kolaborasi dan yel-yel pramuka. Dalam kesempatan tersebut juga secara resmi dilaunchingkan logo MAN Plus Keterampilan Kotim yang dipimpin oleh Jainuddin, kepala sekolah MAN Kotim. Logo tersebut diikatan ke beberapa balon untuk kemudian dilepaskan. (IQ)

Alamat:

Jl. HM. Arsyad No. 68 Kode Pos 74322
Mentawa Baru Hulu, Mentawa Baru Ketapang, Kab. Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Indonesia.

© Copyright MAN Kotawaringin Timur