Foto Pelepasan Peserta Didik Kelas XI Program Keterampilan

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kotawaringin Timur (Kotim) Plus Keterampilan melepas secara resmi sebanyak 37 siswa yang akan melaksanakan Praktik Pembelajaran Dunia Kerja (PPDK) periode tahun pelajaran 2023/2024 untuk pertama kalinya.

“Ini merupakan kegiatan yang pertama. Hari ini kami lepas secara resmi peserta didik yang akan mengikuti PPDK ini,” Ucap Kepala MAN Kotim plus keterampilan, Jainuddin, Senin (29/1/2024).

Adapun pelepasan ini secara resmi dilakukan Kepala Kementrian Agama Kotim, Khairil Anwar, pada Senin, 29/1/2024. Bertempat di Aula MAN Kotim.

Jainuddin menyebut, kegiatan dijadwalkan dari (5/2/2024) hingga (17/2/2024), seluruh peserta PPDK terlebih dahulu diberi pembekalan yang selanjutnya dilepas oleh pihak madrasah untuk mengaplikasikan keterampilan yang sudah mereka peroleh dari Madrasah di dunia kerja.

“Mereka (Siswa) sebelum memasuki dunia kerja dengan melaksanakan praktik dulu dilapangan,” ujarnya.

Jainuddin berpesan kepada para siswa bahwa Industri dunia kerja adalah dunia lapangan kerja yang sesungguhnya, yang disamping skil atau keahlian juga menuntut adanya kompetensi kolaboratif dan kompetitif.

“Ananda harus mampu menyesuaikan diri dengan dunia kerja yang memiliki etos kerja dengan prinsip kerja yang baik,” imbuhnya.

Adapun program keterampilan pada PPDK pada periode ini yakni multimedia, tata boga dan tata busana.

“Siswa yang kami lepas hari ini berjumlah 37 siswa terdiri dari 8 laki-laki dan 29 perempuan, mereka memasuki praktik pembelajaran dunia kerja baik di bidang usaha dan  industri,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan sebagai kenang-kenangan kepada para tamu yang hadir, yaitu syal motif Dayak dan lawung karya siswa program keterampilan tata busana.


MAN Kotim Plus Keterampilan terus berkomitmen untuk melahirkan generasi yang tidak hanya memiliki keterampilan, tetapi juga mempunyai sikap dan nilai-nilai positif yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *