Foto kandidat calon ketua OSIM

Pemilu serentak di Indonesia akan digelar pada bulan Februari mendatang. Meski baru dilaksanakan kurang lebih 1 bulan lagi, sejumlah calon pemilih pemula di MAN Kotawaringin Timur Plus Keterampilan mulai melakukan simulasi pemilu serentak melalui pemilihan ketua dan wakil ketua OSIM (Organisasi Siswa Intra Madrasah) yang dilaksanakan seperti pemilihan presiden.

Dengan berakhirnya masa jabatan OSIM MAN Kotawaringin Timur Plus Keterampilan Masa Bakti 2023/2024, MAN Kotawaringin Timur mengadakan pilketos (Pemilihan Ketua OSIM) pada Jumat, 19 Januari 2024 di halaman MAN Kotim. Tahun ini ada tiga pasangan ketos dan waketos yang mencalonkan diri, yaitu RAIS (Raisa Kartika Putri – Ahilla Rahmatul Humairo), IMMUL (Muhammad Imam Insani Alqurtuby – Ulfatun Khasanah), serta ALFAY (Aliyah Sri Mulyani – Muhammad Fayaadh Faathir).

Sebelum pencoblosan, ketiga pasangan ketua dan wakil ketua OSIM tersebut terlebih dahulu menyampaian visi dan misi serta debat dengan beberapa mosi yang dibacakan oleh kepala madrasah serta wakil kepala madrasah bidang kesiswaan yaitu, Jainuddin dan Mukrandi. Mosi yang dikeluarkan yaitu hasil dari question box yang telah tercantum di postingan akun Instagram @osimmankotim. Para siswa-siswi dengan bebas mengutarakan keresahannya untuk nantinya dijadikan mosi pada saat debat para pasangan calon berlangsung. Sebelum acara debat ditutup, Jainuddin memberikan pertanyaan tambahan kepada ketiga pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIM MAN Kotawaringin Timur Plus Keterampilan.

Setelah mendengarkan penyampaian visi dan misi, debat, serta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menyangkut visi dan misi dimana masing-masing pasangan calon berusaha untuk meyakinkan siswa-siswi terhadap pilihannya, acara dilanjutkan dengan proses pencoblosan.

Ada tiga TPS (tempat pemungutan suara) yang telah di siapkan oleh panitia. Diantaranya TPS 1 untuk kelas 10 yang berada di halaman belakang, TPS 2 untuk para guru dan kelas 11 yang berada di halaman tengah, serta TPS 3 di halaman depan untuk kelas 12.

Proses pencoblosanpun selesai dan dilanjutkan dengan pemungutan suara. Dari ketiga TPS perolehan hasil suara terbanyak dimenangkan oleh  pasangan calon IMMUL (Muhammad Imam Insani Alqurtuby – Ulfatun Khasanah) dengan TPS 1 sebanyak 145 suara, TPS 2 sebanyak 202 suara, dan TPS 3 sebanyak 141 suara.

Semoga ketua dan wakil ketua OSIM beserta anggota dapat mewujudkan visi dan misinya untuk kemajuan sekolah. Semoga mereka dapat menjadi pemimpin yang bijaksana dan berwibawa serta dapat mengayomi seluruh siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *