MAN Kotawaringin Timur

MADRASAH ALIYAH NEGERI

Kotawaringin Timur

Plus Keterampilan

KABAR MADRASAH

MAN Kotawaringin Timur Adakan Kegiatan Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian

Dokumentasi

Karya Ilmiah Remaja (KIR) bekerja sama dengan OSIM Divisi Riset dan Teknologi pada MAN Kotawaringin Timur mengadakan kegiatan pelatihan penulisan proposal penelitian bagi siswa-siswi MAN Kotawaringin Timur yang bertempat di aula MAN Kotawaringin Timur, Minggu, 19 Maret 2023. Kegiatan ini dibimbing langsung oleh Alivermana Wiguna selaku pembina KIR dengan dihadiri oleh 29 peserta. Adapun pelatihan ini bertujuan agar siswa MAN Kotawaringin Timur dapat mengetahui bagaimana cara menulis proposal penelitian dengan tepat.

Kegiatan pelatihan diawali dengan sambutan oleh Aliverma Wiguna dan dilanjutkan dengan sambutan dari koordinator Divisi Riset dan Teknologi, yaitu Ira Qadariah kelas XI MIPA 1. Selain itu, acara diselingi dengan berbagi cerita dan pengalaman dari anggota KIR, yaitu Hanuf Nurwiyanti (XI IPS 2) dan Alifsa Putri Aridha (XI MIPA 3) yang pernah mengikuti kegiatan PIRN (Pekan Pemuda Riset dan Inovasi Nasional) tahun 2022 di Lombok.

Alivermana memberikan beberapa pembahasan materi tentang pentingnya mengenai penulisan proposal, diantaranya mengenal apa itu penelitian, metodologi penelitian, paradigma penelitian, topik penelitian dan proses pemilihannya, bagaimana kriteria judul yang baik, serta beberapa tips agar proposal lolos seleksi dalam perlombaan karya ilmiah.

Selain itu, untuk mengembangkan pemikiran siswa maka diadakan sesi untuk menuliskan rencana penelitian apa yang ingin mereka lakukan di selembar kertas. Kemudian mereka diajarkan untuk mempresentasikan ide yang telah dituangkan di atas kertas tersebut dengan baik.

Meskipun kegiatan ini merupakan pelatihan yang sederhana akan tetapi bisa dikatakan sukses digelar dan melahirkan ide-ide penelitian terbaik dari peserta pelatihan. Ide-ide penelitian yang luar biasa dari siswa MAN Kotawaringin Timur ini nantinya diharapkan dapat menghasilkan sebuah karya ilmiah yang akan mengharumkan nama sekolah dan diri mereka sendiri sebagai seorang peneliti muda.(IQ)

Alamat:

Jl. HM. Arsyad No. 68 Kode Pos 74322
Mentawa Baru Hulu, Mentawa Baru Ketapang, Kab. Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Indonesia.

© Copyright MAN Kotawaringin Timur