MAN Kotawaringin Timur

MADRASAH ALIYAH NEGERI

Kotawaringin Timur

Plus Keterampilan

KABAR MADRASAH

MAN Kotawaringin Timur Adakan Studi Lapangan ke BMKG

Dokumentasi

MAN Kotawaringin Timur tidak hanya melakukan kagiatan belajar mengajar di dalam ruangan saja tetapi juga di luar ruangan Hal ini dibuktikan dengan diadakannya kegiatan studi lapangan yang ke Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada 14-15 Februari 2023. BMKG sendiri bertempat di jalan Samekto, Kecamatan Baamang, Sampit, tepat bersebelahan dengan bandara H. Asan Sampit, Kalimantan Tengah.

Sebelum keberangkatan, siswa-siswi terlebih dahulu diberikan arahan oleh guru pembimbing oleh Elja Mulyaningsih selaku guru Geografi, Syaiful Bahri selaku guru Fisika serta tidak lupa arahan dari Kepala Madrasah Man Kotawaringin Timur. Selain itu juga ada Ibu Kamariah (wakil kepala madrasah bidang kesiswaan), Budi Riswanto (guru fisika) dan Mawardi Khalid (Tenaga Teknis) ikut mendampingi.

Pada hari pertama kegiatan diikuti oleh siswa-siswi kelas 10 jurusan IPS dan hari kedua kelas 10 Jurusan IPA. Ada hal yang menarik di hari kedua ini, dimana bukan hanya kelas 10 jurusan IPA saja yang berangkat tetapi peserta olimpiade kebumian juga diikutkan dalam studi lapangan ini.

Sesampainya siswa-siswi di sana, mereka disambut dengan hangat oleh staff BMKG. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Bapak Mulyono Leo Nardo SP dan Ibu Mitra Dwina H, S. Tr.

Setelah pemberian materi, para siswa yang sebelumnya telah dibagi menjadi beberapa kelompok, diarahkan ke berbagai lokasi untuk diperkenalkan apa saja alat-alat yang ada di BMKG beserta kegunaannya. Diantara alat-alat tersebut antara lain : Panci Penguapan, Campbell Stokes, Particulate Matter (PM 10), Automatic Weather Station (AWS), Penakar Hujan Tipping Bucket, Penakar Hujan Observatorium, Penakar Hujan Hillman dan Sangkar Meteorologi. Para siswa juga diberikan lembar kerja dimana nantinya akan dikumpulkan sebagai tugas.

“Kegiatan studi lapangan ke BMKG ini sudah dilakukan rutin setiap tahunnya sejak tahun 2007”jelas Elja”. “Diharapkan nantinya para siswa dapat bertambah wawasan dan pengetahuannya. Selain itu kegiatan ini menjadi bukti bahwa belajar bukan hanya terpaku pada buku tetapi bisa kita dapatkan dari mana saja”pungkasnya.(IQ)

Alamat:

Jl. HM. Arsyad No. 68 Kode Pos 74322
Mentawa Baru Hulu, Mentawa Baru Ketapang, Kab. Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Indonesia.

© Copyright MAN Kotawaringin Timur