MAN Kotawaringin Timur

MADRASAH ALIYAH NEGERI

Kotawaringin Timur

Plus Keterampilan

KABAR MADRASAH

Tanamkan Disiplin Berlalu Lintas, Satlantas Bagikan Buku ke MAN Kotim

Dokumentasi

Sampit (Humas) Pendidikan merupakan salah satu strategi yang efektif sebagai penanaman nilai dan norma, termasuk di dalamnya nilai disiplin, etika, dan budaya berlalu lintas bagi peserta didik, dalam hal ini peserta didik pada jenjang pendidikan dasar,menengah, dan juga atas. Mereka merupakan generasi yang akan mengganti generasi sekarang yang menduduki berbagai jabatan, baik di pemerintahan maupun swasta. Melalui pendidikan, proses perubahan sikap mental akan terjadi pada diri seseorang. Dengan perubahan tersebut diharapkan generasi muda secara sadar mampu menerapkan sikap dan perilaku disiplin, etika, dan budaya lalu lintas yang aman, selamat, tertib, dan lancar.

 Penanaman nilai, norma, moral, dan etika berlalu lintas ini menjadi lebih efektif apabila dilakukan sejak dini, baik melalui pendidikan formal (sekolahan atau madrasah) maupun informal. Pelaksanaan penanaman nilai, norma, moral, dan etika berlalu lintas di sekolah atau madrasah dilakukan melalui pengintegrasian Pendidikan Lalu Lintas (PLL) ke dalam proses pembelajaran khususnya mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).Untuk itulah Satlantas Polres Kotim memberikan buku-buku PPL yang sudah diintegrasikan ke mata pelajaran PPKn ke MAN Kotim.

 Penyerahan buku-buku PLL tersebut diserahkan secara langsung oleh Ipda Djoko Istanto kepada kepala MAN Kotim, Muhammad Rusidi di MAN Kotim, Minggu,12 Juni 2022, pukul 08.00 WIB. Djoko berharap buku tersebut bisa menjadi bahan dan panduan bagi guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, dan Dinas Pendidikan dalam rangka penanaman nilai, norma, moral, dan etika berlalu lintas kepada para peserta didik, sehingga Pendidikan Lalu Lintas di MAN Kotim dapat diimplementasikan secara efektif dan efesien. Dengan demikian peserta didik bisa bertanggung jawab dan berperilaku disiplin dalam berlalu lintas di kehidupan sehari-hari. (ma)