MAN Kotawaringin Timur

MADRASAH ALIYAH NEGERI

Kotawaringin Timur

Plus Keterampilan

KABAR MADRASAH

Dua Siswa MAN Kotim Presentasikan Hasil Penelitian di Konferensi Internasional

Dokumentasi

Sampit (Humas) Setelah sebelumnya lolos seleksi dan akhirnya terpilih menjadi delegasi Indonesia di ajang bergengsi International Conference of Young Social Scientists (ICYSS), dua siswa Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Timur (MAN Kotim), yaitu Raihan Fahmaylunar dan Zahra Sabila akhirnya tampil mempresentasikan hasil penelitiannya secara daring, 21 Mei 2022, pukul 13.00 WIB di Gedung Lantai 2 MAN Kotim.

Mengangkat judul “The Linkage of Rainfall Rate and the rise of Covid-19 Cases in Kotawaringin Regency”, mereka tampil dengan percaya diri di hadapan juri yang berkedudukan di Kota Beograd, Serbia. Sebagian isi dari makalah karya ilmiah tersebut menjelaskan hasil penelitian mereka bahwa di musim penghujan kasus Covid-19 tidak mengalami peningkatan. Justru sebaliknya, Covid-19 di musim penghujan cenderung menurun.

“Alhamdulillah, Zahra dan Raihan bisa tampil dengan lancar dan tanpa kendala”ujar Elja D.Ningsih, guru pembimbing. “Mereka tampil di urutan ke-3 setelah delegasi dari Negara Guam dan Cina. Sedangkan kegiatan berikutnya adalah presentasi poster yang dijadwalkan pada Minggu, 22 Mei 2022, pukul 18.00 WIB. Harus bisa mengatur waktu karena presentasi mepet dengan waktu shalat magrib. Maklum memang ada perbedaan waktu antara Indonesia dan Serbia” jelas Elja yang juga guru Geografi ini.

Sementara itu Raihan yang ditemui oleh pihak Humas MAN Kotim mengatakan bahwa juri sempat menanyakan sesuatu yang berkaitan dengan penelitian mereka. “Di masa mendatang bila diberi kesempatan untuk memperdalam masalah penelitian ini, faktor apa lagi yang rencananya kamu teliti yang berkaitan dengan peningkatan kasus Covid ini?”tanya  juri dalam bahasa Inggris. “Saya jawab kemungkinan faktor suhu, iklim, kelembapan, bahkan bisa jadi faktor regulasi yang dibuat pemerintah”jelas Raihan. (ZS)