MAN Kotawaringin Timur

MADRASAH ALIYAH NEGERI

Kotawaringin Timur

Plus Keterampilan

KABAR MADRASAH

Pemilihan Ketua OSIM MAN Kotim 2022 Gunakan Teknologi Digital

Dokumentasi

Sampit (Humas) Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Timur (MAN Kotim) menggelar pesta demokrasi dalam rangka pemilihan ketua dan sekretaris Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) yang baru untuk masa bhakti 2022/2023 yang kali ini mengambil tema Demokrasi Kontemporer Menyongsong Pemimpin Hebat Masa Kini.

Seluruh peserta didik hadir di halaman madrasah untuk menyaksikan agenda penyampaian visi dan misi dari pasangan calon ketua dan sekretarisnya, Jum’at, 28 Januari 2022, mulai pukul 07.00 WIB. Adapun pasangan yang berorasi tersebut adalah pasangan nomor urut pertama, Alfian Perwira dari kelas XI Keagamaan 2 sebagai calon ketua dan Tiara Nurahmawati dari kelas XI MIPA 2 sebagai calon sekretaris. Sedangkan pasangan nomor dua adalah M. Luthfi Zulfani dari kelas X MIPA 3 sebagai calon ketua dan Citra Nindya Dwi Putri dari kelas X IPS 2 sebagai calon sekretaris.

Saat memberikan arahannya sesaat sebelum penyampaian orasi, Kepala Madrasah, Muhammad Rusidi berharap pemilihan ketua OSIM kali ini bisa mencerminkan keadilan dan keterbukaan serta mengharapkan ketua yang terpilih nantinya bisa amanah dalam menjalankan tugasnya.

“Pemilihan ketua OSIM tahun ini diikuti oleh dua pasangan calon” jelas Nur Apriliani Bahri, ketua OSIM 2001/2022. “Selain itu berbeda dengan tahun sebelumnya, pemilihan kali ini tidak menggunakan bilik maupun kertas suara, tetapi menggunakan teknologi digital” Ujar Aliya, panggilan akrab Nur Apriliani Bahri.

Pemilihan dilakukan melalui Google Form dan dilakukan masing-masing oleh siswa dengan ponsel di dalam kelas didampingi oleh panitia pemilu. Google Form hanya bisa diisi satu kali dan menggunakan satu email saja. Sebelum memilih, mereka juga diminta untuk mengisikan data diri agar menghindari kecurangan. Pada pemilu kali ini, tidak hanya siswa/i yang dilibatkan sebagai pemilih, melainkan juga dewan guru, staf tata usaha dan kepala madrasah/sekolah juga diberikan kesempatan untuk memilih. Adapun untuk hasil suara yang masuk dapat disaksikan secara langsung oleh semua siswa melalui grafik yang terpampang di layar lebar yang diletakkan di ruang out door.

Dari hasil voting terlihat pasangan nomor urut 1, Alfian Perwira dan Tiara Nurahmawati unggul dengan perolehan 549 suara (56%) sedangkan nomor urut 2, Muhammad Luthfi Zulfani dan Citra Nindya Dwi Putri 432 (44%). Total suara sah 981 suara (mk)