MAN Kotawaringin Timur

MADRASAH ALIYAH NEGERI

Kotawaringin Timur

Plus Keterampilan

KABAR MADRASAH

Jangan Buang Botol Plastikmu ! Kami Membutuhkannya

Dokumentasi

Sampit (Humas) Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MAN Kotim mulai kembali menjalankan salah satu program kerja dari divisi kebersihan dan lingkungan hidup yang sempat terhambat dikarenakan adanya pembelajaran daring, yaitu pengadaan bank sampah.

Bank sampah ini merupakan program kerja yang menguntungkan karena selain untuk membantu mengurangi sampah plastik yang notabene membahayakan lingkungan, bank sampah juga dapat menambah pundi-pundi rupiah karena sampah botol plastik yang dikumpulkan akan dijual. Kegiatan ini dimulai pada hari senin 3 Januari tahun 2022, dimana pengurus divisi lingkungan membagikan plastik sampah ukuran besar ke setiap kelas agar mereka dapat memasukkan sampah botol plastiknya ke dalam plastik sampah tersebut.

Untuk saat ini, sampah yang diterima hanya sampah botol plastik bekas yang sudah kering. Kriteria pemilahan sampah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada seluruh siswa agar mereka mengetahui sampah apa saja yang dapat didaur ulang dan tidak dapat didaur ulang.

Sampah ini akan terus dikumpulkan dan disetor setiap hari Jum’at setiap minggunya ke ruang aula. Untuk kelas yang menyetorkan sampah botol plastik paling banyak akan mendapatkan hadiah apresiasi dari OSIM berupa snack dan uang. Sedangkan untuk kelas yang tidak mengumpulkan sampahnya akan dikenakan sanksi berupa membuat pot gantung dari barang bekas.

Pengumuman kelas pengumpul sampah botol terbanyak dalam minggu ini, yaitu periode tanggal 15-21 Januari adalah kelas XII MIPA 1 dengan total 99 buah botol dan diumumkan di snapgram OSIM MAN Kotim.

Selama kegiatan ini berlangsung, Novi Wilantika selaku koordinator divisi kebersihan dan lingkungan hidup mengatakan bahwa program ini berjalan dengan lancar tanpa kendala. Meskipun kegiatan berlangsung lancar, ia merasa akan lebih baik jika tempat sampah organik dan anorganik dapat digunakan semaksimal mungkin.

Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan para siswa dapat mengelola sampah plastik secara baik dan benar sehingga akan menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman.  (Divisi Riset OSIM MAN Kotim)