MAN Kotawaringin Timur

MADRASAH ALIYAH NEGERI

Kotawaringin Timur

Plus Keterampilan

KABAR MADRASAH

OSIM MAN Kotim Adakan Perekrutan Ketua dan Wakil OSIM 2022

Dokumentasi

Sampit (Humas) Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) Madrasah Aliyah Negeri  Kotawaringin Timur (MAN Kotim) kembali membuka perekrutan calon ketua dan wakil ketua serta pengurus OSIM MAN Kotim tahun 2022.

Bagi siswa dan siswi yang ingin mendaftarkan dirinya ada beberapa  kriteria yang harus dipenuhi untuk menjadi pengurus OSIM, yakni kriteria umum dan kriteria khusus (sesuai dengan kebutuhan masing-masing divisi).

Kriteria umumnya berupa : Siswa-siswi MAN Kotawaringin Timur kelas 10 dan 11 seluruh jurusan, bertanggung jawab dan dapat dipercaya, memiliki keinginan yang besar untuk membawa perubahan bagi MAN Kotawaringin Timur.rela meluangkan waktu, tenaga serta pikiran, siap bekerja dibawah tekanan untuk memperoleh pengalaman berorganisasi yang mengesankan dan mampu berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

Nur Apriliani Bahri, ketua OSIM Man Kotim mengatakan, normalnya dalam satu periode menjabat 11-12 bulan, sudah termasuk masa transisi ke periode baru. Mengenai banyaknya anggota di tahun ini hanya 30-32 orang saja yang dapat menjadi bagian dari pengurus OSIM. Sudah termasuk pengurus inti (7 orang) dan pengurus masing-masing divisi.

Ada beberapa tahapan perekrutan  untuk calon ketua dan wakil ketua OSIM, yaitu seleksi administrasi pada 4-15 Januari 2022 seleksi wawancara pada 20 Januari 2022. Sedangkan untuk pengurus OSIM MAN Kotim, yaitu seleksi administrasi/berkas pada 9-21 Januari 2022, pengumuman hasil seleksi berkas pada 22 Januari 2022, dan seleksi wawancara: pada 23 Januari 2022

Adapun  jumlah divisi ada 8, yaitu divisi humas dan jurnalistik, divisi kewirausahaan, divisi iman dan takwa, divisi bahasa dan keterampilan, divisi PKPU, divisi kebersihan dan lingkungan hidup, divisi kebugaran jasmani dan olahraga, serta divisi riset dan teknologi

Pencarian pengurus OSIM kali ini dilaksanakan dengan 2 alur seleksi, yakni seleksi administrasi/berkas dan juga seleksi wawancara. Khusus untuk calon ketua dan wakil ketua OSIM, ada tes public speaking sebagai penguat keputusan tim penyeleksi dalam menentukan pasangan calon sebelum pemilihan umum nanti.

Dalam perekrutan pengurus  telah disiapkan panitia khusus yang bertugas sebagai penghimpun data calon pengurus, humas sebagai penyalur berita dan informasi perekrutan serta tim penyeleksi yang bertugas mewawancara dan menganalisis data calon pengurus. Selain itu panitia juga telah menyediakan Google form yang harus diisi oleh masing-masing calon pengurus. Dalam form tersebut berisi tentang data diri calon pengurus dan juga data-data pendukung lainnya yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan oleh tim penyeleksi.

Aliya, panggilan akrab Nur Apriliani Bahri berharap semoga proses rekrutmen berjalan lancar sampai selesai hingga 8 divisi yang ada dipenuhi dengan orang orang yang terbaik. Aliya juga berharap semoga pengurus OSIM yang baru dapat mempertahankan kinerja dari OSIM lama yang sudah baik dan terus berprogress menjadi lebih baik.

“OSIM sebagai organisasi satu-satunya di madrasah tentu harus berkerja ekstra dalam meningkatkan kualitasnya”jelasnya. “Jangan sampai terjadi regresi yang tidak diinginkan sehingga membuat imej OSIM ternodai. Besar harapan pengurus-pengurus baru dapat memberikan semangat perubahan yang hebat dan menjadi angin segar terutama di lingkungan madrasah”pungkas Aliya. (Divisi Jurnalistik OSIM MAN Kotim)