MAN Kotawaringin Timur

MADRASAH ALIYAH NEGERI

Kotawaringin Timur

KABAR MADRASAH

MAN Kotim Raih Tiket Semifinal LCC Pancasila Tingkat Nasional

Dokumentasi

Sampit (Humas) Tim Lomba Cerdas Cermat (LCC) Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Timur (MAN Kotim) akhirnya melaju ke babak semifinal lomba cerdas cermat Pancasila dan UUD 1945 yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum, Universitas Negeri Yogyakarta. Beranggotakan Saskiya Prambandari Sahanaya, Ryan Fadey El Edrus, dan Nuridah, tim ini berhasil meraih total poin 155.

“Alhamdulillah, dari 2 tim yang kita daftarkan, 1 tim berhasil tembus ke semifinal”ujar Muhammad Rusidi, kepala MAN Kotim. “Mereka berhasil menjawab dengan benar 41 soal dari 50 soal yang diberikan panitia secara daring. Poin tersebut sudah cukup untuk membawa mereka ke babak ke semifinal bersama 8 tim lainnya. Adapun babak semifinal akan digelar pada tanggal 16 Oktober mendatang secara daring melalui zoom”jelas Rusidi.

Pada babak penyisihan, pihak panitia memberikan soal-soal yang berkaitan dengan materi Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, Ketetapan MPR, dan lain-lain yang berkaitan dengan kepemerintahan dan kenegaraan yang berbentuk pilihan ganda. Sedangkan pada babak semifinal dan final nantinya akan menggunakan format lomba cerdas cermat pada umumnya dimana peserta akan menjawab soal secara lisan dengan materi yang tetap sama.

Selain LCC ini, di lomba yang lain, yaitu Olimpiade APBN, siswa siswi MAN Kotim juga berhasil lolos seleksi on line I. Tidak tanggung-tanggung, MAN Kotim berhasil meloloskan 2 tim sekaligus di lomba yang dilaksanakan Kementerian Keuangan ini. Di seleksi on line II, Kalimantan Tengah diwakili 2 tim dari MAN Kotim dan 1 tim dari SMA Negeri 1 Sampit.(ma)