MAN Kotawaringin Timur

MADRASAH ALIYAH NEGERI

Kotawaringin Timur

KABAR MADRASAH

Siswi MAN Kotim Raih Juara 3 Duta Genre

191 views
September 27, 2021
(Dokumentasi)

Sampit (Humas) Hanuf Nurwiyanti berhasil meraih juara 3 pada ajang tahunan Pemilihan Duta Generasi Berencana Kabupaten Kotawaringin Timur. Sebelumnya siswi kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Timur ini bersama dengan 34 orang mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dan pelajar sekolah menengah atas (SMA) di Kabupaten Kotawaringin Timur, Sabtu siang (24/07) mengikuti grand final pemilihan duta generasi berencana (Genre) 2021. 

Ajang bergengsi ini digagas oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPA3AP2KB) Kabupaten Kotawaringin Timur dengan tujuan duta yang terpilih nantinya dapat mengajak dan mengimbau kawan-kawan sebayanya untuk tidak melakukan pernikahan dini.

“Alhamdulillah, tahun ini MAN Kotim masih bisa masuk 3 besar, yaitu meraih juara 3 putri yang di raih Hanuf Nurwiyanti” ujar Lulut Suprapti, guru pembimbing. “Walaupun belum bisa meraih juara 1 tetapi tentunya tetap harus kita syukuri. Adapun kami mengirim sebanyak 4 siswi dan 1 siswa, yaitu : Hanuf Nurwiyanti, Larasati Puspita, Nabila, Novi Wilantika Sari, dan Alfian Perwira” lanjut Lulut.

Dikatakannya, untuk masuk babak grand final dan akhirnya menjadi juara 3, para finalis harus melewati tahap-tahap tertentu. Diawali dari pendaftaran, yaitu 24 Mei-14 Juni 2021, wawancara tanggal 19 Juni 2021, mengumpulkan video unjuk bakat tanggal 23 Juni 2021, dan akhirnya grand final tanggal 24 Juli 2021.

Lulut berharap kepada Hanuf selaku juara 3 bisa mensosialisasikan visi genre, yaitu nikah bagi perempuan umur 21 tahun, laki-laki 25 tahun, tidak melakukan seks pranikah, sosialisasi KB, dan menghindari nafza pungkasnya. (ma)