MAN Kotawaringin Timur

MADRASAH ALIYAH NEGERI

Kotawaringin Timur

KABAR MADRASAH

Hindari Grogi, MAN Kotim Ikuti Simulasi KSM 2021

140 views
September 26, 2021
(Dokumentasi)

Sampit (Humas) Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat provinsi yang rencananya akan digelar secara daring dengan menggunakan sistem computer based test (CBT) pada 19 September 2021 tentunya memerlukan persiapan yang matang. Bisa saja persiapan siswa sudah sangat matang dalam hal pelajaran, akan tetapi pada pelaksanaannya malah justru gagal karena grogi dan tidak harus berbuat apa di hadapan komputer. Untuk itulah perlu adanya simulasi KSM.

Simulasi yang digelar oleh Kementerian Agama tersebut dilakukan secara serentak se-Indonesia dan diikuti oleh para siswa yang lolos ke KSM tingkat provinsi, baik tingkatan MA, MTs, juga MI. Untuk Madrasah aliyah (MA) berlangsung pada sesi pertama, yaitu pukul 07.30-09.30 WIB, sedangkan madrasah tsnawiyah (MTs) dan madrasah ibtidaiyah (MI) berlangsung pada sesi kedua, yaitu pukul 10.30-12.30 WIB.

Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Timur (MAN Kotim) yang berhasil meloloskan semua perwakilan siswanya ke tingkat provinsi nampak serius mengikuti simulasi di laboratorium komputer MAN Kotim.

Nampak 6 peserta sibuk memperhatikan layar Komputer. Mereka adalah Salsabila Amana (matematika), Ayyumia Nayla Hapsari (ekonomi), Risda Amelia (biologi), Purwa Desriyandi (fisika), Helda Fitriani (kimia), dan Aisyah Aura Nadya (geografi). Nampak proktor, Bagus Alfin memberikan arahan-arahan kepada mereka.

“KSM ini adalah ajang bergengsi dan merupakan kesempatan bagi para siswa untuk berprestasi sampai ke tingkat nasional” ujar Muhammad Rusidi, kepala MAN Kotim saat dihubungi di ruang kerjanya. “Tentunya pada saat pelaksanaanya nanti kita tidak ingin terkendala dengan hal-hal teknis. Itulah makanya simulasi ini sangat penting” ujarnya.(ma)