MAN Kotawaringin Timur

MADRASAH ALIYAH NEGERI

Kotawaringin Timur

KABAR MADRASAH

Hindari Grogi, MAN Kotim Ikuti Simulasi KSM 2021

128 views
September 23, 2021
(Dokumentasi)

Sampit (Humas) Predikat madrasah yang berbasiskan riset tampaknya tidak berlebihan disematkan untuk Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Timur (MAN Kotim). Pasalnya 2 siswi yang berasal dari Madrasah Aliyah Negeri satu-satunya di Kotim ini berhasil meloloskan abstrak makalahnya pada Seminar Internasional Bahasa dan Sastra Daerah (SINAR BAHTERA) i yang bakalan digelar pada 24-26 Agustus 2021 di Aula Hotel Bahalap, Palangkaraya. Dengan lolosnya abstrak tersebut, mereka dianggap layak untuk menampilkan makalah karya mereka di seminar yang digagas oleh Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah ini.


Nur Apriliani Bahri dan Berliana Kafurinsani, kedua siswi tersebut merasa sangat bersyukur dan bangga atas lolosnya abstrak mereka. Bagi mereka seminar internasional ini akan dijadikan ajang mengasah keberanian tampil di depan forum besar sekaligus kesempatan emas untuk menimba ilmu-ilmu yang terkait dengan bahasa dan satra daerah.


“Ada 197 abstrak yang dinyatakan lolos dan layak untuk ditampilkan dalam seminar nanti makalahnya” ujar Aliya, panggilan akrab Nur Apriliani Bahri. “Adapun judul makalah kami adalah “The Arts of Karungut Mahaga Pembangunan Budaya Itah as an Effort to Harmonizing the Social Life of Dayak Society”. Doakan saja nanti bisa tampil maksimal dan lancar” ujar ketua OSIS MAN Kotim ini.


Sementara itu, Muhammad Rusidi, kepala MAN Kotim mendukung penuh kegiatan kedua siswinya ini. “Perlu keberanian untuk tampil di forum besar seperti seminar ini” ujar Rusidi. “Apalagi menurut informasi, hanya mereka berdua yang berstatus pelajar, sementara pemakalah yang lain terdiri dari guru-guru, dosen, dan mahsiswa. Mudah-mudahan mereka dapat tampil bagus nantinya” pungkas Rusidi. (ma)