MAN Kotawaringin Timur

MADRASAH ALIYAH NEGERI

Kotawaringin Timur

KABAR MADRASAH

Tiga Siswa MAN Kotim Jadi Semifinalis Kuis Matematika UNLAM

198 views
September 19, 2021
(Dokumentasi)

Sampit (Humas) Tiga siswa Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Timur yang sebelumnya mengikuti kuis matematika babak penyisihan pada ajang Gebyar Matematika 2021 UNLAM, hari ini (04/09) sabtu dinyatakan lolos ke babak berikutnya. Ketiga siswa tersebut adalah Febrian Nur Hidayat, Adzra Kamilah Rizwandyka, dan Salsabila Amana. Dengan begitu mereka bertiga harus bersiap-siap lagi untuk mengikuti babak semifinal yang akan digelar pada 24 Spetember nanti.

“Alhamdulillah, dari ketiga siswa yang mengikuti kuis matematika babak penyisihan, ternyata tidak disangka ketiganya bisa lolos ke babak semifinal. Kami jelas sangat bersyukur sekaligus juga harus cepat bersiap-siap lagi” ujar Fitri Saltinah, guru pembimbing.

“Sebetulnya ada dua lomba yang kami ikuti pada ajang gebyar matematika ini, yaitu cerda cermat matematika (CCM) dan kuis matematika. Kalau CCM itu diikuti secara tim sedangkan kuis matematika diikuti secara individu. Sayangnya kami gagal untuk CCM” Jelas guru matematika ini.

Dikatakannya bahwa baik CCM maupun kuis matematika ini dilaksanakan secara daring, dari babak penyisihan sampai final nanti. Ajang ini mengundang semua SMA/MA sederajad se Kalimantan Selatan dan Tengah.

Untuk pembagian wilayah lomba digunakan sistem rayon. Semuanya berjumlah 13 rayon. “Setiap rayon terdiri dari beberapa kabupaten” ujar Fitri. “Misalnya rayon sampit diikuti kabupaten Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Seruyan, Lamandau, dan Sukamara.

Untuk kuis matematika yang berhak masuk semfinal adalah juara 1 dan 2 (nilai tertinggi) dari masing-masing rayon. Dan ditambah 9 peserta dengan nilai terbaik se-Kalsel-Teng setelah diurutkan (selain juara 1 dan 2 tiap rayon). Total yang masuk babak semifinal adalah 35 peserta. Dari semifinal ini akan akan diambil empat siswa yang mendapat nilai tertinggi untuk masuk ke babak final” jelas Fitri lagi.

Bagi Juara 1 akan mendapatkan piala bergilir, piala tetap, medali, piagam penghargaan, dan uang pembinaan. Sedangkan untuk juara 2, 3, dan harapan akan  mendapatkan piala tetap, medali, piagam penghargaan, dan uang pembinaan. (ma)