MAN Kotawaringin Timur

MADRASAH ALIYAH NEGERI

Kotawaringin Timur

KABAR MADRASAH

MAN Kotim Ikuti Simulasi KSN-P 2021

175 views
September 19, 2021
(Dokumentasi)

Sampit (Humas) Dalam rangka menghadapi Kompetisi Sains Nasional tingkat provinsi (KSN-P) Kalimantan Tengah yang akan digelar pada 12-16 September mendatang secara daring, sebanyak tujuh siswa Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Timur (MAN Kotim) mengikuti simulasi KSN-P yang digelar pada 8 September 2021, pukul 08.00 WIB di laboratorium komputer MAN Kotim. Mereka adalah Salsabila Amana (matematika), Nunuk Lidiana Juniar (astronomi), Helda Fitriani (kimia), Armada Rizki Syahrida (kebumian), Ahmad Triputra Lenggawa (kebumian), Rabiatul Adawiah (biologi), dan Nur Apriliani Bahri (ekonomi).Didampingi proktor, Bagus Alfin dan Khalid Mawardi, para siswa tersebut antusias mengikuti simulasi tersebut.

“Alhamdulillah, simulasi berjalan lancar hampir tanpa kendala” ujar Bagus, panggilan akrab Bagus Alfin. “Cuma untuk mata pelajaran (mapel) kebumian, peserta harus dipastikan tidak buta warna. Jadi ada surat keterangan tidak buta warna dulu baru diperbolehkan mengikuti simulasi. Ini kemungkinan berkaitan dengan beberapa soal pada mapel kebumian yang menggunakan warna” jelas guru ekonomi ini.

Dikatakannya, teknis antara KSN kabupaten dengan KSN provinsi agak berbeda. Kalau KSN-K menggunakan semi daring sedangkan KSN-P menggunakan daring penuh. Jadi jelas bahwa simulasi untuk KSN-P ini sangat penting untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan yang mungkin saja terjadi saat pelaksanaan KSN-P nantinya.

Sementara itu, Muhammad Rusidi, kepala MAN Kotim menyatakan keoptimisan dalam KSN-P ini. “Anak-anak sudah kita bimbing seoptimal mungkin” ujar Rusidi. “Sekarang tinggal berdoa saja lagi. Mudah-mudahan saat pelaksanaannya nanti lancar tanpa ada kendala, para peserta juga dalam keadaan yang fit sehingga bisa mengerjakan soal-soal dengan baik dan hasilnya maksimal” harapnya. (ma)