MAN Kotawaringin Timur

MADRASAH ALIYAH NEGERI

Kotawaringin Timur

KABAR MADRASAH

Angkat Kesenian Karungut, Siswi MAN Kotim Tampil di Seminar Internasional

108 views
September 19, 2021
(Dokumentasi)

Sampit (Humas) Dua siswi Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Timur (MAN Kotim), yaitu Nur Apriliani Bahri dan Berliana Kafurinsani, tampil sebagai pemakalah pada acara Seminar Internasional Bahasa dan Sastra Daerah (Sinar Bahtera) I yang berlangsung pada tanggal 24-26 Agustus 2021 di Pusat Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah.

Acara yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah ini dilaksanakan selama tiga hari dengan ketentuan dua hari melalui daring via zoom dan satu hari dilaksanakan secara luring di Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah di Kota Palangka Raya. Para pemakalah boleh memilih, apakah menyampaikan makalahnya secara daring atau luring.

Peserta dan pemakalah yang mengikuti seminar ini datang dari berbagai provinsi di Indonesia dan juga dari negara-negara lain. Kebanyakan mereka adalah dosen, guru serta mahasiswa. Sebelumnya calon pemakalah harus seleksi abstrak. Dari sekian ribu abstrak, terpilih 124 abstrak yang makalahnya boleh diseminarkan.

“Sesuai jadwal, kami melakukan presentasi pada hari kamis (26/08), mulai pukul 09.15 WIB secara luring” ujar Berliana. “Adapun judul makalah kami adalah The Arts of Karungut “Mahaga Pembangunan Budaya Itah”as an Effort to Harmonizing the Social Life of Dayak Society” ujar siswa kelas XII IPA ini.

Nur Apriliani Bahri mengatakan bahwa acara seminar internasional bukan hal baru baginya. Sebelumnya Aliya, panggilan akrab Nur Apriliani Bahri sudah pernah mempresentasikan karya ilmiahnya di konferensi internasional, yaitu International Conference on Computer Science Engineering and Technology (ICComSET) yang digelar oleh Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya beberapa waktu yang lalu secara daring.

“Kami sangat tertarik menjadi pemakalah di seminar ini dengan harapan bisa menambah pengalaman serta kebetulan ada judul yang tepat untuk diserahkan” ujarnya. “Walaupun sudah pernah melakukan presentasi di tingkat internasional tetapi itu dulu dilakukan secara daring. Kali ini kami mencoba secara luring” jelas ketua OSIS MAN Kotim ini.(hms OSIS MAN Kotim)